Teknik Search Engine

SIMULASI DIGITAL


 


Pengertian Search Engine


 


Search Engine (Mesin Pencari) adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Dan Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs).


Hasil pencarian juga memiliki variasi data yang ditampilkan, seperti bentuk tulisan, gambar, video, dan bentuk tampilan lainnya. Dari hasil pencarian yang ada akan menampilkan data sesuai dengan urutan yang telah ditentukan oleh Algoritma Search Engine. Jadi untuk dapat masuk ke urutan halaman pertama Search Engine tidaklah mudah. Banyak perhitungan dan tata cara yang harus dilakukan untuk dapat masuk ke halaman pertama suatu Search Engine. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan teknik SEO pada website bisnis anda.


Pengertian SEO  (Search Engine Optimization)


 


 SEO adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO dilakukan melalui proses yang sistematis (analisa, implementasi, report) yang artinya melakukan Teknik SEO yang masuk dalam kategori Blackhat SEO / Whitehat SEO / Greyhat SEO. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kelemahan bila kita jalankan. Seperti Blackhat SEO yang melakukan tindakan berbahaya dengan tujuan mempercepat peringkat sebuah website di pencarian Search Engine. Whitehat SEO merupakan tindakan natural dan relevan dalam meningkatkan peringkat sebuah website. Greyhat SEO merupakan perpaduan kedua teknik sebelumnya untuk meningkatkan peringkat website. SEO pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan SPAM yang di posting di Usenet


sejarah Singkat Search Engine


Seiring dengan perkembangan dunia maya, Search Engine pun memiliki perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun. Salah satu Search Engine yang cukup terkenal dan banyak dipakai oleh banyak negara adalah Search Engine Google. Namun ada beberapa kelompok membuat Search Engine sendiri untuk negaranya, seperti Search Engine Yandex yang berasal dari Rusia dan telah beroperasi sejak tahun 1997. Kemudian ada Search Engine Baidu yang  beroperasi sejak tahun 2000. Baidu didirikan di kampus Baidu yang letaknya di Distrik Haidan, Beijing, RRC. Search Engine lain yang juga terkenal adalah Bing, Yahoo, ASK, MSN, AOL, dan lainnya.


Tujuan Dibuat Search Engine


Tujuan nya dibuat search engine agar mempermudah seseorang untuk mencari informasi yang diinginkan secara cepat, dan tepat. Karena dengan hanya mengetik kata kunci yang diinginkan, misalnya kata "Pengertian Search Engine" maka akan langsung muncul berbagai website dan blog yang memberikan informasi mengenai kata kunci tersebut dengan cepat dan tepat.


 


Karakteristik dan Ciri-Ciri Search Engine


Program untuk mencari informasi di internet tidak hanya search engine, ada juga yang disebut dengan web direktori dan invisible web. Masing-masing mempunyai kemampuan berbeda-beda, namun hingga kini search engine masih dinilai sebagai program paling mendekati sempurna untuk menyajikan informasi dengan cepat dan tepat. Dan suatu program pencarian bisa dikatakan sebagai program search engine jika memenuhi beberapa syarat berikut ini:


Menyimpan data dalam bentuk teks penuh pada halaman yang terpilih


Menampilkan informasi berdasarkan kata kunci yang dicari, search engine berusaha untuk mencari kecocokan antara kata kunci atau keyword dengan dokumen yang ada pada seluruh halaman website atau dokumen


Database dokumen dijaring dengan menggunakan robot bernama spider


Kemampuan sebuah search engine berbeda-beda, dari mulai skala kecil hingga skala besar yang mampu menampung data website hingga miliaran


Ciri khusus dari search engine dibanding program pencarian lainnya adalah terletak pada proses peng-crawler-an halaman dokumen, untuk melakukannya search engine menggunakan bantuan robot bernama spider tanpa campur tangan manusia.


 Hampir 90% pengguna internet mencari informasi melalui program search engine. Di antara mesin pencari yang paling banyak digunakan hingga saat ini adalah google.com. kenapa engga mecoba menggunakan search engine yang lain, kenapa tidak tau yang lain selain google? Tenang ini saya kasih 5 search engine selain google.


 


Contoh Search Engine


1.     Alltheweb (www.alltheweb.com)


Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.


2.     MSN (www.search.msn.com)


 MSN merupakan mesin pencari besutan Microsoft Network. Mesin pencari ini menawarkan jasa pencarian, baik dengan menggunakan kata kunci maupun directori. Sebagian besar pengguna Internet Explorer sudah dipastikan pernah menggunakan mesin pencari ini.


Keunggulan MSN terletak pada metode pencarian berupa peta, white pages, yellow pages, pekerjaan, serta pencarian rumah. Sementara itu, kelemahan yang paling mendasar dari MSN adalah tidak tersedianya jasa pencarian gambar ataupun berita.  


3.     Gigablast (http://www.gigablast.com)


Gigablast adalah mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh Matt Wells. Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuat situs web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, namun menggunakan alat seminimum mungkin.


4.     ASK! ( www.ask.com )


Ask.com merupakan situs tanya jawab yang fokus terhadap e-business dan mesin pencari website (web search engine). Ask.com berdiri pada tahun 1996, dibentuk oleh Garret Gruener dan David Warthen di Berkeley, California, Amerika Serikat. Data pada tanggal 3 Februari 2016, search engine ini, menurut Alexa Rank ada di nomor 47. 


5.     AOL ( www.Aol.com )


Aol merupakan industri yang bergerak di bidang jasa internet dan telekomunikasi, salah satunya menjadi alat search engine di dunia internet.  Berdiri sudah cukup lama sekali, yakni pada tahun 1983 di Vienna, Virginia, pada waktu itu berdiri dengan nama Control Video Corporation. Sekarang kantor Aol bermarkas di New York City, New York, Amerika Serikat.


6.      Google  (http://www.google.com)


 Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat,  berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai


7.     Yahoo  (http://www.yahoo.com)


 Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat. Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.


 


Teknik Penelusuran Informasi di Internet Melalui Mesin Pencari (Search Engine) Google


beberapa cara dapat digunakan selain mencari informasi di google, berikut beberapa teknik penelusuran nya..


Perintah Dasar


AND : Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Bisa menggunakan salah satu dari tiga kata alternatif berikut:


ukiran jepara


ukiran AND jepara


ukiran+jepara


OR: Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Bisa menggunakan salah satu dari dua kata alternatif berikut:


tahu OR tempe


tahu | tempe


FRASE: Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda “”. Contoh:


“perangkat lunak”


“jantung sehat”


NOT: hasil pencarian mengandung kata yang di depan, tapi tidak yang dibelakang minus (-). Contoh di bawah akan mencari informasi yang mengandung kata ikan tapi bukan bandeng.


ikan-bandeng


SINONIM (~): Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. Contoh di bawah akan membawa hasil pencarian: kendaraan (car) dan sinonim-sinonimnya.


~car


ASTERIK (*) : Karakter pengganti kata. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa : 


ayam bakar pedas, ayam goreng pedas, dsb.


ayam*pedas


TANDA TITIK (.) : Karakter pengganti huruf, angka karakter tunggal. Dari contoh di bawah hasil yang didapat bisa : kopi, koki, kodi, dsb.


ko.i


CASE INSENSITIVE : Pencarian di Google menganggap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama.


PENGABAIAN KATA : Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut :  a, about, an, and, are as, at, b, by, from, how, i, in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, with. Apabila kita masih tetap menginginkan pencarian kata tersebut, bisa dengan menggunakan karakter + di depan kata yang dicari (contoh: Star Wars Episode + I), atau bisa juga dengan menganggapnya sebagai frase (contoh: “Star Wars Episode I”).


I’M FEELING LUCKY : Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama dari query kita.


Perintah Lanjut


DEFINE : Mencari definisi dari sebuah termilogi. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat adalah berbagai definisi tentang e-learning dari berbagai sumber.


define: e-learning


CACHE: Menampilkan situs web yang telah diindeks oleh Google meskipun sudah tidak aktif lagi. Contoh di bawah ini akan menghasilkan pencarian kata php pada situs ilmukomputer.com yang ada di indeks Google.


cache : ilmukomputer.com php


LINK : Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs. Contoh di bawah ini akan menampilkan daftar link yang mengarah ke situs ilmukomputer.com


link: ilmukomputer.com


RELATED : Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs.


related: sitimustiani.com


INFO : Menampilkan informasi yang Google ketahui tentang sebuah situs


info: sitimustiani.com


SITE : Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang situnjuk


java site: ilmukomputer.com


FILE TYPE: Menampilkan hasil pencarian berupa suatu jenis (ektensi) file tertentu. Jenis file yang bisa dicari adalah : doc, xls, rft, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mbd, txt, dsb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teknik Search Engine"

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel